Selasa, 01 Oktober 2013

Fenomena adalah (Lebih dari 500 kata untuk FENOMENA)


Lebih dari 500 kata untuk FENOMENA

Ketika saya di tunjuk untuk mendefinisikan apa itu fenomena saya menjawab fenomena itu adalah “ gejala yang terjadi ”. Tapi sayang, dosen saya “Pak Wayan” mengatakan definisi saya kurang
tepat. Oke sekarang kita cari tahu apa arti fenomena yang sebenarnya? Setelah saya mencari dari beberapa sumber, maka dapat diketahui apa itu Fenomena. Fenomena adalah rangkaian peristiwa serta bentuk keadaan yang dapat diamati dan dinilai lewat kaca mata ilmiah atau lewat disiplin ilmu tertentu.
Fenomena juga bisa disebut hal yang luar biasa dalam kehidupan di dunia
dan dapat terjadi dengan tidak terduga dan tampak mustahil dalam pandangan manusia, Suatu peristiwa yang tidak biasa tapi sering terjadi, pada alam atau mahkluk.

Fenomena yang biasa kita ketahui adalah fenomena alam dan fenomena sosial, Fenomena sosial dapat diartikan sebagai gejala-gejala atau peristiwa-peristiwa yang terjadi dan dapat diamati dalam kehidupan sosialnya. Salah satu fenomena sosial yang terdapat dalam kehidupan kita sehari-hari adalah adanya masalah-masalah sosial yang timbul baik dalam kehidupan keluarga maupun masyarakat.

Pengertian fenomena sosial adalah kondisi di mana manusia menganggap segala hal yang dialaminya adalah sebuah kebenaran absolut. Padahal, hal itu sebenarnya adalah kebenaran semu yang dibuat melalui simulasi simbol-simbol, kode-kode yang dicitrakan sedemikian dari sebuah objek yang benar. Contoh fenomena sosial di Indonesia adalah mudik, berbicara mudik, berarti berbicara lebaran, atau hari-hari besar keagamaan. Mudik menjadi kata-kata yang disebut-sebut selama bulan Ramadhan sebab mudik adalah tradisi pulang ke kampung halaman untuk sementara waktu. Kegiatan mudik ini tidak hanya bertujuan untuk bertemu sanak keluarga, tetapi ada fenomena lain yang menarik didalamnya yaitu fenomena ekonomi. Dimana fenomena ini ditunjukkan bahwa adanya bentuk pamer status, Mudik adalah kesempatan untuk menunjukkan eksistensi diri si pemudik yang merupakan taruhan keberhasilan. Akan ada rasa malu bagi pemudik yang pulang dengan tangan kosong. Jika kita lihat banyak pemudik yang sengaja memoles dirinya dengan simbol peningkatan status ekonomi contohnya adalah mudik ke kampong halaman dengan membawa mobil mewah memakai perhiasan yang banyak . Fenomena penonjolan status itu membawa dampak lanjutan bagi penduduk desa lainnya, dimana muncul anggapan bahwa kota adalah tempat untuk memperbaiki nasib dan menuju pada kehidupan yang lebih baik. 

Sekarang berbicara tentang fenomena alam, fenomena alam adalah peristiwa non-artifisial (kejadian alami) dalam pandangan fisika, dan kemudian tidak diciptakan oleh manusia, meskipun dapat mempengaruhi manusia (misalnya. bakteri, penuaan, bencana alam, dan lain lain). Contoh umum dari fenomena alam termasuk letusan gunung berapi, cuaca, pembusukan bakteri dan aurora juga merupakan salah satu fenomena alam. Ada fenomena fenomena alam tak berbahaya seperti hujan. Tapi banyak juga yang membahayakan seperti fenomena alam letusan gunung berapi, tsunami dan tornado. dianggap berbahaya dan dapat menimbulkan kematian. Contoh fenomena alam yang terjadi di Indonesia yaitu Fenomena Lumpur Lapindo. Fenomena alam adalah hal yang luar biasa dalam kehidupan di dunia dan dapat terjadi dengan tidak terduga dan tampak mustahil dalam pandangan manusia. hal-hal yg dapat disaksikan dengan pancaindra dan dapat diterangkan serta dinilai secara ilmiah (seperti fenomena alam), sesuatu yang luar biasa, berupa fakta ataupun kenyataan.

Dalam metode penelitian sosial fenomena berkaitan dengan teori, teori adalah susunan konsep, definisi dan hal menyajikan pandangan yang sistematis dengan menunjukkan hubungan antara satu variable dengan lainnya dengan maksud untuk mejelaskan atau meramalkan fenomena tersebut. (waluyo,2011:20)
Thanks to my lecture Mr. Wayan. Makes a more open mind



5 komentar:

  1. ijin copaz untuk keperluan skripsi, trimakasih ^__^

    BalasHapus
  2. Saya juga icin copas untuk keperluan prokarimah, terima kasih, blog anda sangat bagus, terus perjuangkan yaa =D

    BalasHapus
  3. kak daftar pustakanya donk

    BalasHapus
  4. artikelnya bermanfaat sekali untuk saya..saya minta Izin copast artikel ini untuk bahan membuat karya ilmiah saya,,,makasih atas bantuannya

    BalasHapus

KALAU MAU KOMEN YANG BAIK YA SAY ^____^