Sabtu, 19 Agustus 2017

Konsep cantik Mahabarata (review buku perempuan perempuan Mahabaratha)

Seperti biasa saya akan bercerita sedikit, tentang buku yg saya kira menarik. Yah lagi2 berbicara tentang gender "Perempuan Perempuan Mahabarata"

*Sek ta lek krungu krungu Mahabarata mesti lak iling ANTV yo?*
Kisah Mahabarata ini masuk cerita sejarah terpanjang dan termumet sepanjang masa, jadi aku yo gak paham klimaks-e cerito iki sakjane yaopo. Kalau bercerita tentang hidup ya jauh dari kata ideal (kehidupan yang seharusnya ataupun kehidupan sebaiknya)
cerita dewa bagi orang awam pasti dianggap suci dan baik, tapi yo ngono realitanya, cerita dlm mahabarata iki tukaran, rebutan tahta, pek pek an bojo, pek pek an dunyo. Mari rebutan trus tukaran engkok mikir, aku iki bener ta gak?, trus aku kudu piye?

Singkat cerita,  buku iki merangkum kisah tentang kelima pandawa yang tersohor di kerajaan hastinapura, tentang pecahnya perang Bharatayudha, tentang para kurawa yang selalu menyimpan dendam dan yang terpenting adalah kisah tentang peran perempuannya.
Dan yang paling menarik bagi saya adalah Drupadi rek, ndek jero buku iki di Drupadi yang berkulit gelap itu... . Kon ngerti a rek? Drupadi iki bojone LIMO!. Kabeh pandawa dibojo on lak sangar a wkwk salahan ganteng-ganteng rek. Kon ngerti gosip e kegantengan Arjuna yg melegenda?



*Waw mematahkan teori bahwa cantik itu putih dan arek wedok iku bojone kudu siji ae*

Ah diluar itu,  saya kagum dengan sosok Drupadi yang digambarkan dengan kemandirian dan kecerdasannya. Dan seringkali dihadapkan pada situasi yg genting lalu sigap mengambil keputusan. Dan menjadi peran utama dalam mencetuskan kebijakan. Saya kagum bagaimana cara drupadi mempertahankan harga dirinya ketika menjadi objek reward "adu dadu" oleh suaminya Yudistira, bagaimana cara perempuan memperlihatkan eksistensinya dengan cerdik. Dan banyak bagian menarik lainnya

Selain Drupadi, ada kisah Satyawati, Amba, Gandari dan Kunti. Yah silahkan baca bukunya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

KALAU MAU KOMEN YANG BAIK YA SAY ^____^